Senin, 24 September 2012

Kosmetika Tradisional untuk Rambut Normal, Kering, dan Berminyak


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Rambut merupakan mahkota bagi wanita, selain itu rambut juga pelindung baik itu dari panas, hujan maupun dari polusi industri. Rambut adalah organ seperti benang yang tumbuh di kulit hewan dan manusia, terutama mamalia. Rambut muncul dari epidermis (kulit luar), walaupun berasal dari folikel rambut yang berada jauh di bawah dermis. Banyak orang yang menginginkan rambutnya kelihatan indah, lembut, berkilau, dan sehat, akan tetapi sering kali salah dalam perawatannya sehingga bukan rambut yang sehat yang didapatkannya justru rambut menjadi rusak.
Penulis berusaha untuk menyajikan bahan-bahan herbal yang dapat digunakan untuk merawat rambut normal dan mengatasi rambut berminyak dan kering serta tips-tipsnya sehingga bisa mempermudah merawat rambut tanpa mengeluarkan uang yang banyak.
v  Rumusan Masalah
1.      Pengertian rambut
2.      Jenis-jenis rambut
3.      Cara merawat rambut normal
4.      Cara merawat rambut dan mengatasi rambut normal, berminyak, dan kering
5.      Tips-tips merawat rambut

B.     Tujuan
1.      Agar para pembaca bisa membedakan jenis-jenis rambut
2.      Agar pembaca bisa merwawat serta mengatasi rambut berminyak dan kering
3.      Bidsa memilih kosmetika herbal sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh setiap individu

C.    Manfaat Penulisan
Menambah wawasan mengenai jenis-jenis rambut, cara perawatannya, cara mengatasi rambut yang bermasalah, dan diharapkan kepada pembaca agar bisa menggunakan bahan-bahan alami yang tanpa zat kimia sehingga tidak merusak tekstur rambut.
BAB II
PEMBAHASAN

KOSMETIKA TRADISIONAL UNTUK RAMBUT NORMAL, KERING DAN BERMINYAK

A.    RAMBUT
1.      PENGERTIAN RAMBUT
Rambut adalah mahkota bagi kaum wanita atau lebih sering disebut “RAMBUTMU adalah ASETMU selogan ini tentunya sering kita dengar dan Karenanya kita harus rajin merawat rambut supaya dapat memberikan rasa percaya diri terhadap diri kita sendiri dan dapat merubah penampilan kita yang sebelumnya biasa saja menjadi luar biasa. Selain itu rambut juga berfungsi untuk melindungi kulit kepala dari panas matahari yang menyengat. Rambut manusia bertumbuh sekitar ¼ – ½ inci setiap bulannya, dan dasar dari pertumbuhan rambut, kulit, dan kuku adalah nutrisi yang kita makan.
Jika kita terlahir dengan batang rambut yang tipis (dikenal juga sebagai fine hair atau baby hair), jangan berharap akan menjadi tebal mendadak, namun dengan makanan yang dipilih ini, kita bisa memberikan protein dan zat besi yang cukup agar rambut tak mudah patah ataupun rontok. ”Meski kita bisa mendapati suplemen rambut di toko-toko besar, namun lebih baik untuk mengusahakan sebisa mungkin memenuhi nutrisi yang kita butuhkan langsung dari makanan. Bahkan dalam beberapa kasus, meski jarang, ada penemuan bahwa orang yang mengkonsumsi suplemen vitamin A berlebihan malah menimbulkan kerontokan rambut. Maka, jika makanan yang kita asup adalah makanan sehat, alhasil kita akan mendapati sel tubuh yang tumbuh lebih kuat dan sehat.
Maka dari itu ada beberapa tips untuk mencegah rambut supaya tetap normal, tidak berminyak dan tidak kering dengan menggunakan bahan herbal dan tetap menjaga makanan yang dimakan.

B.     JENIS-JENIS RAMBUT
1.      Rambut Normal
Siapa orang yang tidak menginginkan rambutnya tumbuh subur, hitam dan sehat? Baik pria maupun wanita, semua mendambakan memiliki rambut sebagai mahkota tumbuh sehat dan mempesona. Berikut ini ada cara-cara membuat rambut normal atau hitam dengan menggunakan kosmetika herbal.
a.      Obat Penghitam Rambut
Bahan :
-  biji pepaya
- minyak kelapa
 Proses Pembuatan :
a. Sangrai biji pepaya hingga kering dan tumbuk hingga halus.
b. Kemudian campur tumbukkan biji pepaya tersebut dengan minyak kelapa, dan aduk sampai rata.
c. Oleskan ke seluruh rambut hingga merata, biarkan selama 1- 2 jam setelah itu baru keramas sampai bersih. Lakukanlah tiap seminggu sekali agar anda memiliki rambut yang hitam dan menarik.
b. Menghitamkan Rambut
Bahan:
-1 genggam biji pepaya tua
khasiat:
Biji pepaya yang mengandung glucoside cacirin dan karpain diketahui bermanfaat untuk menghitamkan rambut.


Proses pembuatan:
a. Biji pepaya disangrai sampai kering lalu tumbuk hingga halus.Peras dan saring.
b. Saat akan dipakai beri sedikit air, lalu oleskan ke rambut sambil dipijat-pijat.
c. Biarkan sampai kering kemudian keramas.
c. Santan dan buah sebagai herba penyubur rambut
1. Sayuran berwarna hijau tuaBayam dan brokoli adalah sayuran yang kaya vitamin A dan C. Kedua nutrisi ini dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sebum, atau minyak alami yang diproduksi kulit kepala Anda. Sebum bermanfaat untuk kondisioner rambut alami. Selain itu, sayuran berwarna hijau tua kaya akan zat besi dan kalsium.

2.      Rambut Kering
Rambut yang terlalu kering atau pun terlalu berminyak kurang baik bagi kulit kepala. Rambut kering memang terlihat kurang indah dan sulit diatur. Untuk mengatasi rambut kering, tips berikut ini mungkin dapat  dipraktekkan.
a.      Mengatasi Rambut Kering
Bahan:
-Minyak zaitun
-Gula merah
-Ekstrak vanilla
 Proses pembutan:
a.       Campurkan 100ml minyak zaitun dengan 2 sendok makan gula merah dan 1 sendok makan ekstrak vanilla. Adukhingga rata.
b.      Setelah itu, bubuhkan larutan tadi ke rambut Anda hingga merata dan lalu tutup dengan shower cap selama 30 – 45 menit.
c.       Jika sudah, bilas dan cuci bersih rambut Anda. Lakukan dua kali seminggu secara rutin.

b.      Petua Atasi Rambut Kering


·         Panaskan satu gelas minyak zaitun selama lima menit dan sapukan pada rambut.
·          Balut kepala dengan handuk dan panaskan dengan menggunakan pengering rambut selama setengah jam.
·         Sapukan bedak pada rambut dan sikat sehingga minyak yang berlebihan keluar. Kemudian barulah dishampoo.
·         Remaskan beberapa helai daun durian belanda dalam air. Rebus dengan air selama lima hingga sepuluh menit. Kemudian bilas rambut dengan air bersih.

c.       Masker Pisang

Bahan :
·         1 buah pisang Ambon (mengandung kalium yang bisa melembutkan rambut)
·         1 butir telur (sebagai pelembap alami)
·         3 sdm susu (penguat folikel rambut)
·         3 sdm madu (pelembap alami juga)
·         5 sdm minyak zaitun (conditioner)
Proses pembutan :
a.       Blender pisang
b.       campurkan telur, susu, madu, dan minyak zaitun ke dalamnya dan blender kembali sampai halus (jangan terlalu lama).
c.       Kemudian oleskan merata pada rambut, tutup dengan plastik.
d.      Diamkan selama 15-30 menit. Lalu bersihkan rambut dengan sampo untuk kulit kering.

3.      Rambut Berminyak
ciri-ciri rambut berminyak adalah :
1. Rambut yang terlihat tipis
2. Rambut yang menggumpal dan susah ditata
3.  Berminyak

Bagi orang yang memiliki kulit kepala serta rambut yang berminyak, perawatannya sedikit rumit. Produksi minyak yang berlebihan membuat rambut Anda lebih mudah kotor dan berketombe. Solusi Rambut Berminyak Dan Rambut Lepek. Rambut berminyak. Sedikit minyak pada rambut itu normal karena memang dibutuhkan untuk menjaga batang rambut dalam kondisi baik. Terlalu banyak minyak dapat membuat rambut anda terlihat kotor dan tidak mengembang. Jika rambut dan kulit kepala anda berminyak sebaiknya anda jangan menggunakan shampo atau conditioner maupun obat rambut yang terlalu berat untuk rambut anda. Jika hanya kulit kepala yang berminyak maka gunakan shampo untuk rambut berminyak dan conditioner untuk rambut kering untuk menyeimbangkan. Jangan asal menggunakan obat rambut.
            Anda bisa bersihkan rambut setiap dua hari sekali. Anda mungkin ingin sering mencuci rambut anda tapi kelenjar minyak pada kulit kepala dapat terstimulir akibat pijatan sehingga semakin sering mencuci rambut, kulit kepala menjadi semakin berminyak.  Ada beberapa resep khusus yang wajib dilakukan dan kebiasaan-kebiasaan yang harus dihindari untuk kulit kepala dan rambut yang berminyak, yaitu  Do's & Dont's.

Do’s
1. Keramaslah setiap kali rambut Anda kotor dan mulai berminyak. Jika itu berarti dua kali dalam sehari, masih sah saja ketimbang membiarkan rambut berminyak mengeluarkan bau tidak sedap.

2. Setelah keramas, beri rambut satu sendok perasan jeruk lemon yang dicampur dengan sedikit air, lalu oleskan secara merata kulit kepala.

3. Buatlah ramuan yang terbuat dari dua butir telur yang dikocok dengan empat sendok makan rum atau brandy. Oleskan ramuan tersebut ke rambut dan kulit kepala, lalu pijat perlahan (seperti saat creambath) setelah selesai, tutupi kepala dengan handuk yang telah direndam dengan air hangat.

Setelah handuk dingin, bilas rambut anda hingga bersih. Ramuan tersebut akan membuat rambut lebih mengembang dan tampak bervolume. Untuk hasil maksimal, lakukan hal ini dua kali seminggu.

4. Sisirlah rambut sebelum berkeramas. Dengan menyisir, sel-sel kulit kepala yang mati dan minyak-minyak yang berlebihan akan terangkat, sehingga hasil keramas anda akan lebih bersih.

5. Buatlah larutan dari air yang direbus dengan daun Thyme. Daun tersebut berkhasiat untuk melindungi kulit kepala agar terbebas dari ketombe. Ratakan larutan tersebut ke seluruh permukaan kulit kepala setelah keramas, dan Anda tidak perlu membilasnya.

Dont's
1. Memakai shampoo yang terlalu keras indikasinya akan merusak lapisan kulit kepala.

2. Memakai kondisioner yang mengandung minyak secara berlebihan, karena akan membuat kulit kepala semakin berminyak dan rambut semakin lepek.

3. Ketika hendak creambath, jangan memakai larutan yang mengandung minyak ata
upun uap yang terlalu panas, karena akan memicu produksi minyak lebih banyak. Akan lebih baik jika memakai larutan mawar, atau air biasa.

 

4.      Rambut rontok

               Seiring perjalanan waktu, keadaan rambut kita semakin menipis. Maklum, setiap kali menyisir, rambut rontok berjatuhan. Berbagai upaya memulihkannya
               barangkali pernah dicoba. Akan tetapi sering kali gagal.
                               Mungkin sudah saatnya kita mencoba pengobatan alternatif, yang 'tempo
               doeloe' pernah hidup. Salah satunya adalah memanfaatkan tanaman di sekitar
               kita.
               Ada beberapa tanaman seperti lidah buaya, teh, pisang, kelapa hijau,bayam, daun kacang panjang, daun urang-aring, buah lerak, dan buah nyamplung yang selama ini umum dimanfaatkan. Yang menarik adalah tak perlu keluar ongkos tinggi untuk memperoleh bahan-bahan tersebut.
                Sebelum melangkah lebih jauh, kita kenali dulu sebab-sebab kerontokan. Bisa saja disebabkan oleh satu faktor tertentu. Namun, tak tertutup kemungkinan
               ada lebih dari satu sebab justru yang terjadi pada saat bersamaan.

               Penyebab Kerontokan

               Penyebab kerontokan antara lain adalah:

               1. Baru sembuh dari penyakit kronis seperti sifilis,   kencing nanah,

               malaria, tifus, dan sebagainya.

               2. Baru saja melahirkan anak.

               3. Kondisi jiwa tergoncang berkepanjangan.

   4. Menggunakan obat kimia yang justru kontraproduktif   dengan pertumbuhan   

rambut.

               5. Menggunakan sampo atau minyak rambut yang tidak semestinya.

               6. Peredaran darah di kepala kurang lancar, sehingga   kulit kepala kurang sehat.


               Tanaman dan Resep

               10 Tanaman Berkhasiat Memulihkan Rambut Rontok

               1. Bayam
               Proses pembutan :
                               Setengah genggam bayam dicuci, lalu digiling halus. Tambahkan setengah
               cangkir air matang dan satu sendok makan madu. Setelah itu diperas dan
               disaring. Minum tiga kali sehari, setiap kali setengah cangkir.

2. Daun Kacang Panjang
               Proses pembutan :
             Satu genggam daun kacang panjang dicuci bersih   lalu digiling halus . Kemudian diremas setelah dicampur dengan dua sendok makan minyak kastor. Pemakaiannya digosok-gosok merata di kulit kepala sambil dipijit-pijit seperlunya. Lakukan itu sesudah mandi petang, kemudian bungkus memakai handuk semalaman. Basuh rambut pada esok harinya.

3. Kelapa Hijau
               Proses pembutan :
               Sebuah kelapa hijau, pangkas bagian atas dan bawahnya, buatlah lubang
disalah satu bagian. Masukkan garam dapur satu sendok teh, kemudian diembunkan
di luar rumah semalam penuh. Gunakan airnya untuk membasuh kulit kepala sambil dipijit-pijit. Lakukan setiap petang hari sesudah mandi, lalu bungkus dengan handuk sampai pagi.




4. Klerak
               Proses pembutan :

                               Sediakan 12 buah biji klerak, lalu rendam dalam air panas. Biarkan
               beberapasaat sampai airnya dingin. Pakailah air rendamannya untuk membasahi
               kulit kepala sambil dipijit-pijit dengan ujung jari. Bungkus kepala dengan handuk
               bersih semalam penuh.
               5. Lidah Buaya
                   Proses pembutan :
                               Satu pelepah daun lidah buaya dicuci bersih. Lalu duri dan kulitnya pada
sisi bagian dalam dihilangkan. Nah, silakan isi lidah buaya itu untukdigosokkan   di kulit kepala yang sebelumnya sudah dikeramas pada sore hari. Kemudian
bungkuslah dengan handuk bersih. Bilaslah pada pagi esok harinya. Lakukan ini setiap hari selama tiga bulan.
5. Daun Mangkokan
               Proses pembutan :
                               Satu genggam daun mangkokan dicuci bersih, lalu ditumbuk sampai halus.
Remaslah dengan dua gelas air masak, lalu disaring. Air perasan inilah yang dipakai untuk menggosok kulit kepala sambil dipijit-pijit. Kemudian bungkus dengan handuk bersih semalaman. Bilaslah pada pagi harinya.
6. Nyamplung
               Proses pembutan :
                               Biji nyamplung diproses untuk diambil minyaknya. Secara sederhana,
               siapkansatu genggam biji nyamplung, pecahkan dari kulit kerasnya. Letakkan dkain
               bersih atau piring dan jemurlah seharian, maka akan keluar minyaknya. Minyak
               inilah yang digunakan untuk digosok-gosokkan di kulit kepala, sebagai
               penumbuh dan penyubur rambut.
               8. Pisang
                              Siapkan umbi batang pisang. Potong merata, cuci bersih lalu dilubangi
               sedalam sejengkal atau kira-kira 18 cm supaya air umbinya bisa terkumpul di
   dalamnya. Setelah umbi terisi air dari umbinya, air tersebut bisa untuk membasuh
rambut dan kulit kepala. Kemudian bungkuslah dengan handuk bersih sampai pagi     hari.

               9. Teh
                   Proses pembutan :
                               Ambil satu mangkuk air teh kental. Pada pukul 22.00, letakkan di halaman
               atau di luar luar rumah agar terkena embun sampai pagi. Petang hari
               berikutnyasetelah mandi, air teh tadi dipakai untuk membasuh rambut dan
   kulit kepala sambil dipijit-pijit. Berikutnya bungkus dengan handuk sampai pagi
   dan bilas kembali.
               10. Daun Urang-aring
                     Proses pembutan :
               Satu genggam daun urang-aring dicuci bersih lalu digiling halus. Selanjutnya diremas dengan dua gelas air matang, kemudian diperas dan disaring. Hasil saringan diletakkan di luar rumah, diembunkan dari pukul 19.00 sampai pagi. Berikutnya pada petang hari sesudah mandi dipakai untuk membasahi rambut dan kulit kepala sambil dipijit-pijit. Bungkus pakai handuk bersih sampai pagi.


TIPS-TIPS MERAWAT RAMBUT SECARA UMUM

Makanan Tepat untuk Rambut Sehat

Berikut adalah 09 bahan makanan yang bisa membantu rambut Anda lebih sehat.
1. Salmon
Sepertinya salmon selalu menempati posisi pertama untuk makanan yang bisa menyehatkan tubuh. Kaya akan asam lemak Omega-3, sumber protein alami ini juga dipenuhi vitamin B-12, juga zat besi. Asam lemak Omega-3 dibutuhkan untuk memberikan nutrisi pada kulit kepala. Kekurangan zat ini bisa menyebabkan kulit kepala kering, sehingga terlihat kusam. Vegetarian? Coba tambahkan flaxseed (biji bunga sejenis rami) dalam makanan sehari-hari. Ini adalah jenis tumbuhan yang juga kaya Omega-3
2.  Sayuran berwarna hijau tua
Bayam dan brokoli adalah sayuran yang kaya vitamin A dan C. Kedua nutrisi ini dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sebum, atau minyak alami yang diproduksi kulit kepala Anda. Sebum bermanfaat untuk kondisioner rambut alami. Selain itu, sayuran berwarna hijau tua kaya akan zat besi dan kalsium.
3.      Biji-bijian
Lentil dan kacang merah seharusnya menjadi bagian penting dalam perawatan rambut. Tak hanya memberikan protein yang baik untuk pertumbuhan rambut, biji-bijian ini juga kaya zat besi dan biotin. Meski jarang, kekurangan biotin bisa menimbulkan rambut rapuh. American Dietetic Association merekomendasikan untuk mengkonsumsi 3 atau lebih cangkir lentil atau kacang-kacangan setiap minggunya.
4.      Kacang-kacangan
Kacang asal Brazil adalah sumber alami yang memproduksi selenium, mineral penting untuk kulit kepala. Sementara walnut mengandung alpha-linolenic acid, salah satu asam lemak omega-3 yang membantu memberikan kelembapan pada rambut. Kacang-kacangan juga sumber alami yang memberikan seng, seperti kacang mede, pecan, dan almon. Seng amat penting untuk menjaga rambut kuat dan tak rontok dari akar.
5.      Unggas
Protein tinggi yang ada di unggas akan memberikan kesehatan pada rambut. Tanpa protein yang cukup atau protein yang berkualitas rendah, rambut mudah patah, sementara kekurangan protein bisa menyebabkan rambut kekurangan warna. Unggas juga menyediakan zat besi yang mudah diserap.
6.      Whole grains
Roti gandum dan sereal gandum whole grain memiliki kandungan seng, zat besi, dan vitamin B. Makanan semacam ini juga bisa me-recharge energi antara makan siang dan makan malam.
7.      Oyster
8.      Tak hanya berkhasiat untuk meningkatkan gairah bercinta, tirampun baik untuk kesehatan rambut. Tiram mengandung antioksidan yang kuat, karena kandungan sengnya. Namun, karena tak semua orang suka atau mudah mendapatkan makanan ini, Anda bisa menggantinya dengan daging sapi atau daging domba.
9.      Produk susu rendah lemak
Skim milk dan yogurt adalah sumber alami kalsium, mineral penting untuk pertumbuhan rambut. Bahan makanan ini juga mengandung air dadih dan kasein, dua sumber protein. Anda bisa mengkonsumsi yogurt sebagai sarapan. Tambahkan walnut atau flaxseed untuk tambahan asam lemak Omega-3 dan seng.
10.  Wortel
Wortel terkenal sebagai makanan yang kaya vitamin A, yang membuat kulit kepala lebih sehat, juga mata, tentunya. Karena kulit kepala yang sehat amat penting untuk mendapatkan rambut yang berkilau, lembab, maka akan baik jika Anda rajin mengkonsumsi wortel sehari-hari.
Ketika menyangkut makanan, variasi adalah hal yang penting. Keseimbangan pemilihan makanan, seperti protein, buah-buahan, sayuran, whole grain, ikan, dan produk susu akan membantu rambut lebih sehat. Jika Anda sedang dalam proses diet, perlu diingat bahwa kalori yang rendah pun bisa memicu kerontokan rambut.

Ada beberapa perawatan rambut secara herba atau secara alami yaitu dengan menggunakan buah segar alami yang dapat dilakukan di rumah secara rutin. Selain itu,  perawatan secara herba ini dengan biaya yang murah. Cukup menyediakan uang untuk membeli buah yang diperlukan aja, dan waktu untuk merawat rambut supaya indah berkilau.
            Perawatan rambut dengan herba buah ini juga bisa mengatasi masalah rambut seperti ketombe dan kerontokan,”.  Untuk itu, kenalilah jenis rambut dan pilih buah yang sesuai sebagai bahan perawatan.
Agar rambut tampak bercahaya bisa digunakan potongan herba jeruk lemon atau jeruk nipis. Jeruk lemon ini  juga bermanfaat sebagai penghilang ketombe pada rambut kering dan rontok. “Caranya, potongan jeruk tersebut dioleskan sambil dipijat-pijat pada kulit kepala,”.
Untuk menambah kesegaran dan kelembutan rambut kering dan kusam, bilaslah rambut sehabis keramas dengan campuran perasan jeruk lemon atau jeruk nipis dalam air dingin dan bersih. Sedangkan, bagi rambut normal dan berminyak yang berketombe, dengan cara menggunakan jeruk yang dicincang atau air perasan daun seledri. Selain jeruk, herba buah aplukat yang diambil dagingnya kemudian dilunakkan sampai menjadi semacam krim juga bisa digunakan untuk merawat rambut kering.
Selanjutnya, herba santan dari buah kelapa. Santan kelapa ini berkhasiat untuk menjaga kelembaban sekaligus menghilangkan ketombe dan menyuburkan rambut normal.Yaitu dengan cara menyiram rambut pakai santan dan diamkan selama kurang lebih 30 menit sampai satu jam, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih dan tidak lengket,” ungkap dr Irene Ekarini.
Untuk rambut yang tidak bermasalah, perawatan cukup dilakukan setiap satu atau dua minggu sekali. Sebaliknya, perawatan minimal dilakukan satu minggu sekali pada rambut bermasalah, semakin sering semakin baik.
Perawatan intensif ini dilakukan hingga rambut kembali sehat. Jangan lupa, saat melakukan perawatan, diamkan bahan buah itu pada kepala selama kurang lebih 20-30 menit. Sehingga, sari bahan tersebut dapat diserap dengan baik oleh akar rambut. Baru kemudian cuci rambut sampai bersih.






BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan

Pengertian Rambut adalah sesuatu yang keluar dari dalam kulit dan kulit kepala, rambut tidak mempunyai syaraf perasa, sehingga rambut tidak terasa sakit kalau dipangkas. rambut juga berfungsi untuk melindungi kulit kepala dari panas matahari yang menyengat. Rambut manusia bertumbuh sekitar ¼ – ½ inci setiap bulannya, dan dasar dari pertumbuhan rambut, kulit, dan kuku adalah nutrisi yang kita makan.
Jenis-jenis rambut yaitu rambut normal, kering, berminyak dan rontok. Rambut normal adalah rambut yang tumbuh subur, hitam dan sehat baik  pada pria maupun wanita. Rambut kering atau pun terlalu berminyak kurang baik bagi kulit kepala. Rambut kering terlihat kurang indah dan sulit diatur.
Untuk mendapatkan rambut yang normal bisa menggunakan biji pepaya dan minyak kelapa. Sedangkan untuk rambut kering menggunakan pisang ambon atau minyak zaitun dan untuk rambut berminyak seringlah keramas bila telah terasa berminyak, gunakan juga perasan lemon. obat untuk mengurangi rambut rontok seperti lidah buaya, teh, pisang, kelapa hijau,bayam, daun kacang panjang, daun urang-aring, buah lerak, dan buah nyamplung.
Agar rambut tampak bercahaya bisa digunakan potongan herba jeruk lemon atau jeruk nipis. Jeruk lemon ini  juga bermanfaat sebagai penghilang ketombe pada rambut kering dan rontok. “Caranya, potongan jeruk tersebut dioleskan sambil dipijat-pijat pada kulit kepala,”. Perawatan intensif ini dilakukan hingga rambut kembali sehat. Jangan lupa, saat melakukan perawatan, diamkan bahan buah itu pada kepala selama kurang lebih 20-30 menit. Sehingga, sari bahan tersebut dapat diserap dengan baik oleh akar rambut. Baru kemudian cuci rambut sampai bersih.



B.     Saran
Dalam makalah ini penulis merasa masih ada terdapat kesalahan baik itu penulisan, pengkajian data, maupun penyampaianya. Untuk itulah penulis mengharapkan kritik dan sarannya yang membangun demi kesempurnaan makalah ini.



















DAFTAR PUSTAKA

Bembeng, 2010. “ Tips mencegah Rambut agar tidak Berminyak “. Rambut berminyak         (online), (http : //bembeng17.blogspot.com/.../tips-mencegah-rambut-agar-tidak.html, diakses 12 Maret 2011).

Klipingku, 2010. “Tips Merawat Kulit dan Rambut”.  Lulur Tanah Liat Maroko(online), (http://www.klipingku.com/.../perawatan%20rambut%20dengan%20bahan%20kosmetik%20tradisi, diakses 12 Maret 2011)

Kinanti, Amelia Ayu. 2010. “Do's & Don't's untuk Rambut Berminyak”. Do’s dan Don’t’s (online), (http :// bembeng17.blogspot.com/.../tips-mencegah-rambut-agar-tidak.html, diakses 12 Maret 2011)

 

Diakses 12 Maret 2011

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar